Cara Mendeteksi “Heartbleed” pada Android

Saat ini memang sedang ramai dan membuat geger para pengguna internet sejak ditemukannya “celah keamanan” dan dimasuki “Heartbleed” pada protokol OpenSSL

. “Heartbleed Bug Attack” atau serangan “Heartbleed” ini memungkinkan ekspos informasi data baik itu username dan password yang berasal pada “celah jantung internet” sehingga bisa disalahgunakan oleh para hacker.

Dan tentu aja serangan hacker ini yang sangat ditakutkan oleh para pengguna internet.

Beberapa  pengertian yang salah Seputar Heartbleed :

  1. Heartbleed bukanlah virus. Heartbleed adalah bug di ekstensi Heartbeat OpenSSL versi 1.0.1 sampai 1.0.1f
  2. Update antivirus tidak akan berpengaruh terhadap kebal atau tidaknya perangkat gadget terhadap Heartbleed karena Heartbleed bukanlah virus dan dia tidak menyebar atau menginfeksi perangkat atau PC kita.
  3. Jika situs yang kamu gunakan belum kebal terhadap Heartbleed, segera ganti password kamu: Salah. Ganti password kamu setelah situs tersebut di patch dan kebal terhadap Heartbleed. Mengganti password sebelum situs tersebut kebal terhadap Heartbleed sama artinya dengan memberikan kesempatan kepada sang attacker untuk mencuri detail password baru kamu.

Perangkat smartphone yang dapat mengakses internet tentu saja rentan terkena dampak dari “Heartbleed“.

Google juga mengingatkan melaui blognya bahwa sistem operasi dari google yaitu Android juga terkena dampak dari “Heartbleed” Tentu saja jutaan gadget Android yang rawan serangan hacker karena mengidap bug Heartbleed.

Google tengah berupaya untuk mengatasi “Hearthbleed” dan sedang bekerja bersama para rekanan untuk menyalurkan patch keamanan guna menangkal Heartbleed.

Sementara menunggu patch tersebut, Lookout Mobile telah merilis aplikasi bernama Heartbleed Detector yang bisa mendeteksi apakah perangkat Android terjangkit Heartbleed atau tidak.

Menurut pengujian dengan Heartbleed Detector yang dilakukan ArsTechnica, banyak versi Android memakai versi OpenSSL yang bermasalah

Namun sebagian besar tak mengaktifkan ekstensi yang mengandung kode itu sehingga dapat dikatakan tidak terkena dampak Heartbleed.

Lain halnya dengan perangkat Android versi 4.1.1 yang kedapatan mengandung bug bersangkutan dan mengaktifkannya, seperti terlihat pada gambar disamping.

Dapatkan aplikasi Heartbleed Detector dari Play Store atau klik disini gratis, install dan jalankan aplikasinya.

Apakah Android Anda terjangkit Heartbleed?, bila terkena, amankan data sensitif anda, walau mengganti password tidaklah banyak membantu namun ada baiknya secara periodik anda melakukan penggantian password. (aliemw.blogspot.com)

Pos ini dipublikasikan di TIPS & TRICKS. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s