Inilah Indahnya Pohon-Pohon Sakura Yang Tumbuh di Indonesia

Taman-Sakura-Cibodas

Pohon Sakura di Taman Sakura, Cibodas, Jawa Barat.

Bagi pecinta keindahan Bunga Sakura (prunus serrulata), tidak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang. Di dalam negeri pun ada. Jadi, kita bisa menikmati `hanami`(tradisi melihat bunga) tanpa harus pergi ke Jepang.

Keindahan sakura membuat sejumlah warga Indonesia yang pernah tinggal di Jepang, sengaja membawa bibit sakura untuk ditanam di Indonesia, seperti di Bali dan di Kebun Raya Cibodas. Namun, kenyataannya, sakura dapat dengan mudah ditemui karena tumbuh dimana saja.

Pohon Sakura tumbuh liar di Waingapu, Pulau Sumba, NTT

bunga sakura di waingapu, Sumba, NTT 4

Bunga Sakura di Pulau Sumba tumbuh secara liar di pinggir jalan-jalan di luar kota.

Salah satu pohon Sakura ada di Waingapu, Pulau Sumba, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, disana bisa ditemukan keindahan mekarnya bunga Sakura. Uniknya, Bunga Sakura di Pulau Sumba tumbuh secara liar di pinggir jalan-jalan di luar kota.

bunga sakura di waingapu, Sumba, NTTMeskipun berada di daerah kering, pohon sakura ini tetap menebarkan aroma wangi seperti sakura yang ada di Jepang yang tumbuh di kawasan dingin.

Sakura di Sumba berbunga pada bulan Oktober, dan akan bertahan hingga bulan November, kemudian gugur.

Ketika pohon bunga sakura gugur, warga yang tengah membangun rumah, memanfaatkan batang pohon sakura untuk dijadikan tiang.

Warga juga senang memetik bunga sakura untuk dibawa ke rumah karena menebar harum. Warga senang mengambil bibit bunga sakura untuk dikembangbiakkan di lahan mereka.

Bunga Sakura di Pulau Batam

bunga sakura di batam

Pohon Sakura di komplek industri Batamindo, Muka Kuning, Batam (tribunnews)

Di Pulau Batam, pohon Sakura asal Jepang ditanam di komplek industri Batamindo, Muka Kuning, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Pohon Sakura di Pulau Batam ini ditanam disepanjang jalan, dan akan mulai bersemi, merekah lalu gugur setiap bulan Maret hingga Mei.

Di Batam pohon Sakura lebih dikenal dengan nama pohon Tabebuya.Padahal pohon Tabebuya yang berasal dari Brazil, hanya memiliki warna dominan kuning dan hanya sedikit yang bermerah muda, apalagi bervariasi.

Jika Bunga Sakura mulai berbunga, warga Batam pun tidak ketinggalan menikmati keindahan bunga yang sangat popular ini. Mereka mengabadikan bunga tersebut dengan memotret dan merekamnya.

Taman Sakura Cibodas, Jawa Barat

bunga sakura di taman sakura cibodas

Pohon Sakura,di Taman Sakura Cibodas, Jawa Barat.

Di Kebun Raya Cibodas, kita bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953 yang akan berbunga pada sekitar bulan Januari-Februari atau Februari-Maret. Di Kebun Raya Cibodas telah ditanam ratusan pohon Sakura dengan 7 jenis tanaman Sakura yaitu, Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp., Prunus arborea, dan Prunus costata.

Konsep kawasan Taman Sakura di lahan seluas sekitar 2 hektare itu, merupakan kombinasi budaya Jepang dengan arsitektur Sunda (Jawa Barat).Kombinasi ini terlihat dengan dibangunnya gazebo. Tanpa menghilangkan ciri khas bangunan Jepang, lantai bagian bawah gazebo tersebut dibangun dengan pola hexagonal (delapan sudut) sebagai ciri khas bangunan Jepang. Sementara atap bangunan atasnya dikonsep ala rumah khas Jawa Barat.

Bunga sakura yang saat ini tumbuh di Taman Sakura KRC-LIPI tidak semuanya diambil langsung dari Jepang. Dengan sistem stek, KRC-LIPI berhasil mengembangkan bunga sakura yang didatangkan dari Himalaya.

Dulu, saat dimulai pembangunan Taman Sakura, mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri, yang dikenal peduli lingkungan hidup, berkesempatan menanam langsung bunga sakura di areal tersebut. Berminat untuk mencobanya? Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang terletak di Kampung Rarahan, Desa Cibodas.

Bunga Sakura di Karangasem, Pulau Bali

Karangasem Bali map_Regency

Di pulau Bali juga ada pohon Sakura karena  sebanyak 300 bibit bunga Sakura Yoko diberikan oleh Japan Sakura Exchange Association kepada pihak Pemerintah Kabupaten Karangasem yang ditanam di beberapa lokasi di daerah Karangasem. Salah satu lokasi penanaman bunga Sakura ini berlokasi di Desa Rendang. Lokasi ini dipilih karena dinilai cocok dengan habitat hidup bibit Sakura.

“Bibit bunga yang kami bawa ini disebut Sakura Yoko. Bibit bunga Sakura ini berbeda dengan bunga Sakura yang ada di Jepang karena sudah kami modifikasi. Bunga Sakura Yoko ini bisa tumbuh dimana saja, baik di daerah dingin bersalju atupun di daerah panas seperti di sini (Karangasem),” ujar Mori kazusika, Ketua Japan Sakura Exchange Association, di Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (13/11/2012).

Penanaman bunga yang menjadi ikon di Jepang ini, Bupati Karangasem I Wayan Geredeg menyambut baik upaya pengembangan bunga Sakura di wilayahnya. Pengembangan bibit bunga Sakura yang dikenal sangat indah ini diharapkan akan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia wisata di Kabupaten Karangasem.

“Terima kasih atas pemberian bibit bunga Sakura ini, mudah-mudahan pemberian bibit bunga Sakura ini menjadi pembuka kerjasama selanjutnya antara Karangasem dengan Osaka Jepang,”ujar Bupati. Namun sayangnya, karena pohon Sakura ini baru ditanam pada tahun 2012 lalu, maka pohon ini belum berbunga hingga kini, sabar ya.  (berbagai sumber).

Video : Bunga Sakura Pulau Sumba, NTT, Indonesia

Video : Pohon Sakura di Pulau Batam

yudiweb.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Flora, Fauna dan Dunia Herbal. Tandai permalink.

2 Balasan ke Inilah Indahnya Pohon-Pohon Sakura Yang Tumbuh di Indonesia

  1. Raka berkata:

    Di kijang, kepulauan riau jga ada
    Knp tidak dimasukan???

    Suka

  2. ragilajhie berkata:

    Terimakasih infonya🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s