Cara Mudah: Cek Batu Akik Asli Atau Tidak Hanya Dengan Gadget

Gemstones header

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia dilanda “booming” atau “demam” batu akik dan batu mulia. Anehnya batu akik yang sejak zaman ‘mbahnya mbah buyut’ sudah ada, baru booming dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun di Indonesia, jika ada sesuatu yang booming pasti suatu saat ada bosannya, mirip evforia sebelumnya seperti demam ikan Louhan, demam tanaman Anthurium, demam reptil Tokek, demam Burung Berkicau, dan pada saat ini, demam Batu Akik.

cicin-tessy

Batu akik sudah ada sejak zaman dahoeloe, tapi kenapa baru hebring sekarang? #IndonesiaBanget

Namun dalam “demam-dmam” tersebut, banyak “pedagang nakal” yang memanfaatkan eforia itu dengan cara menipu konsumen, termasuk konsumen pada saat demam batu akik ini.

Dalam banyak kasus, tak sedikit konsumen yang tertipu oleh para pedagang batu akik yang telah mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli sebuah batu akik atau batu mulia sebesar tahi lalat, yang ternyata palsu!

Akhirnya, rasa sesal, kapok berikut “nangis bawang” mungkin saja bisa dialami oleh konsumen yang sedang bernasib sial itu.

Maka, timbul pertanyaan, bagaimana cara menguji atau mengecek batu akik atau batu mulia asli atau tidak dengan praktis dan efisien? Bahkan di tempat terjadinya transaksi itu atau di TKP.

Banyak metode atau cara kuno hingga modern, misalnya dengan alat khusus, yang dapat dilakukan untuk mengecek sebuah batu alam itu asli, atau tidak. Namun, semakin canggihnya cara pembuatan batu akik dan batu mulia pada masa kini, membuat beberapa metode yang ada tersebut, masih tetap dapat dikelabui.

Disini, saya akan mengungkapkan cara mengecek batu alam yang asli dengan cara yang sangat mudah, efisien dan efektif, hanya degan menggunakan smartphone anda. Dengan syarat umum: bahwa smartphone anda sudah memiliki fitur touch screen yaitu memiliki fitur menggeser tampilan layar.

Syarat khusus Smartphone atau Gadget untuk mengetes batu alam asli

Namun ada beberapa persyaratan khusus bagi smartphone atau gadget yang akan anda pakai untuk mengetes batu alam tersebut, yaitu:

1. Gadget / smartphone tidak memakai Anti Gores, jika sudah terpasang anti gores, pastikan dari jenis yang tipis agar tetap sensitif.

2. Gadget / smartphone memilik layar atau screen hanya dari jenis capacitive dan multi touchscreen.

3. Gadget / smartphone yang akan dipakai tidak diajurkankan memiliki layar atau screen resistive, yang bisa dijalankan hanya dengan menggunakan kuku atau stylus, plectrum, seperti di hape jenis PDA, hape made in China kebanyakan, atau sejenisnya, karena hape sejenis itu bisa menggeser atau membuka aplikasi walau menggunakan batu palsu, apalagi batu asli.

Cara testing batu asli menggunakan smartphone Android

batu akik gede

Ini baru batu akik yang dijamin keasliannya. Berani pakai batu ini saat ke kantor atau ke kampus? Dijamin keren bro!

Cara mengetes batu alam asli atau tidak, dengan menggunakan smartphone Android sangat mudah, cukup dengan menempelkan batu pada ujung jari anda.

Lalu melalui sentuhan batu itu terhadap layar smartphone, cukup dengan menggeserkan batu akik pada layar smartphone atau gadget anda.

Jika tampilan pada layar di smartphone atau gadget anda bergeser, maka batu alam itu 100% asli. (lihat gambar animasi dibawah).

Tapi jika  tampilan pada layar di smartphone atau gadget anda tidak mau bergerak atau bergeser, jangan terburu kecewa.

Hal itu dapat terjadi pada beberapa jenis batuan alam, terutama batu yang memiliki unsur karbon yang sangat sedikit. Maka pakailah cara kedua.

Cara kedua, cobalah geserkan batu yang sedang dites itu pada salah satu icon aplikasi yang ada di smartphone Android anda, karena bagian itu yang lebih sensitif sentuhan, kalau batu itu dapat membuka aplikasi tersebut, maka batu alam itu 100% asli.

Dan jika kedua cara di atas tak dapat dilakukan oleh batu yang anda tes, maka bisa dipastikan bahwa batu itu bukan berasal dari alam, alias 100% palsu!

tes batu akik_yudiweb.wordpress.com

Contoh cara mengetes batu alami asli, pasti dapat menggerakkan layar gadget. (yudiweb.wordpress.com)

Kenapa hanya batu alam yang dapat menggerakkan layar smartphone?

Timbul pertanyaan mendasar tersebut, kenapa smartphone bisa membedakan batu asli atau palsu? Karena batu terbetuk dari meneral alami dan salah satu mineral alam yang terkadung didalamnya adalah bahan Karbon (Carbon, simbol kimia: C), walaupun yang terkandung hanya sedikit.

Perlu diketahui bahwa karbon adalah unsur kimia yang dapat menghantarkan listrik walau hanya sedikit, atau disebut juga zaman sekolah dulu sebagai semi conductor. Jadi, jelaslah hanya batu alam yang memiliki unsur karbon dan dapat menggerakkan layar smartphone. Sedangkan batu palsu atau “masakan” tak dapat menggerakkannya.

Konsumen harus tetap waspada

batu akik pete kocak lucu

Batu akik Mustika Badar Wangi, sudah pasti batu palsu ini, dasar kampret!

Perlu diakui, bahwa cara pengetesan batu alam dengan smartphone atau gadget ini adalah salah satu yang paling praktis dan efisien serta dapat dilakukan ditempat.

Namun janganlah langsung percaya 100% pada pengetesan ini, karena pada masa kini pemalsuan sudah lebih canggih dan selalu dapat “menyiasati” teknolohgi yang ada.

Misal, jika batu palsu yang dites tersebut ternyata memang juga berasal juga dari alam. Lha koq bisa?

Perlu diketahui juga, bahwa pemalsuan batu akik alam dapat pula dilakukan dengan menggunakan pasir alam, atau rempahan dari serpihan batu alam, yang juga memiliki unsur karbon dari alam.

Lalu pasir tersebut di press atau ditekan sedemikian rupa, kemudian barulah dibentuk halus dengan gerindra, eh maksute gerinda, menjadi mirip batu alamiah.

Dengan cara seperti itu, maka batu “palsu” tersebut juga tetap memiliki unsur karbon dan bersifat semi conductor dan pastinya juga dapat menggeserkan layar smartphone atau gadget anda dengan ‘enteng’ dan tanpa masalah. Jadi, tetap berhati-hatilah.

Demikian artikel ini dibuat untuk menangkal bahaya penpu-penipu ulung dikala “demam batu akik” ini sedang terjadi. Semoga artikel ini berguna dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda. Jika ingin berbagi info ini, jangan lupa untuk mencatumkan sumbernya, terimakasih atas waktunya telah membaca artikel kecil ini. Wassalam.

batu akik 01

Video: Cara Membedakan Batu Asli Dan Palsu Hanya Dengan Smartphone – (Teknologi Berbicara)

yudiweb.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di TIPS & TRICKS dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Cara Mudah: Cek Batu Akik Asli Atau Tidak Hanya Dengan Gadget

  1. wiwin berkata:

    Ini baru informasi yang genius brotha… (Y) lanjutkan….

    Suka

  2. teknoksigen berkata:

    wah keren tuh… ternyata caranya simpel, oiya ane punya batu dari om ane ( sepertinya sih Rubby ) katanya dia dapet dari bertapa ( wkwkwkwkwk aneh aneh aja om ane ini ) dan memang itu batu bisa menggeser layar hp touchscreen. dan kalau batu rubby harganya bisa sampai berapa ya ?

    Suka

  3. Nuryakin berkata:

    Unsur kimia Chrysocolla (Bacan) adalah (Cu,Al)2H2Si2O5(OH)4·nH2O, Agate (Yaman) adalah SiO2 kedua2nya dapat menggerakan touchscreen capactive, kedua2nya tidak memiliki unsur Carbon (C) jadi yg menggerakan touchscreen capasitive adalah silikonnya (bahan semi konduktor) jadi batu2an yg mengandung unsur (Si) bisa menggesernya…dan khusus untuk touchscreen resistant semua batu bisa menggesernya ( kecuali sintetik dan imitasi) yg mengandung unsur kimia yg dapat dialiri listrik tubuh termasuk silikon (Si) apalagi Bacan ada unsur Cu nya…demikianlah Agan2, semoga bermanfaat untuk test awal saja dalam transaksi pembelian batu…dan gemslab juga bisa salah dalam mengindetifikasikan batu kita..carilah gemslab sekelas AGL…agan2 bisa bandingkan harga testnya bisa 10x harga gemslab yg tidak mempunyai peralatan lengkap…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s