Ini Dia! Cara-Cara Tradisional Membuat Batu Akik Cepat Matang!

batu akik 01

Pada zaman modern apalagi disaat batu akik telah menjadi trendy dan booming di Indonesia, banyak orang mencari batu akik kelas super, alias yang sudah matang atau tua. Namun sesuai dengan kualitasnya, maka batu akik yang telah tua atau matang otomatis akan berharga jauh lebih mahal.

Perlu anda ketahui bahwa batu akik mengandung mineral dan beberapa zat lainnya. Batu tersebut bisa indah di alam karena telah teroksidasi oleh iklim dan suhu dimana batu tersebut berada.

Namun ada beberapa trik atau cara untuk membuat batu akik dapat menjadi lebih tua atau matang dengan lebih cepat, dan nyaris semuanya TANPA menggunakan bantuan bahan kimia yang dikomersilkan.

Pada saat batu akik belum booming di Indonesia seperti sekarang, ada beberapa cara tradisional untuk mempercepat proses pematangan mineral di dalam batu akik yang telah digunakan oleh kakek atau orang tua kita pada zaman dahulu.

Berikut beberapa cara tradisional untuk membuat batu akik cepat matang pada masa lalu, yang pada masa kini beberapa caranya sudah dilupakan:

1. Batu akik diikat pada cincin berjenis tembaga

cincin tembaga

Batu akik diikat pada cincin berjenis tembaga.

Batu akik pada masa lalu dipercaya dapat lebih cepat matang jika diikatkan pada cincin (atau biasa disebut “ikatan”) berjenis logam tembaga. Mineral di dalam batu akik dipercaya dapat bereaksi lebih cepat matang, jika bersentuhan dengan cincin tembaga, karena disebabkan logam tembaga dapat lebih hangat dibanding logam lain jika digunakan, dan lebih mudah mengalirkan ion-ion dibanding ikatan atau cincin batu akik lainnya, misal chrome, titanium, aloy atau germanium.

Pada waktu lalu, banyak cincin batu akik yang masih memakai logam berjenis tembaga. Namun seperti telah diketahui bahwa jenis tembaga jika dijadikan cincin akan mudah korosi, berwarna menjadi kehijau-hijauan atau kusam, apalagi untuk kulit sensitif terkadang menjadikan jari tangan menjadi terasa gatal.

Itu sebabnya pada masa kini cincin batu akik berjenis tembaga sudah jarang dibuat dan kalah dengan cincin-cincin dari jenis logam lainnya, membuat cincin batu akik berjenis tembaga makin susah didapat.

Oleh karenanya, untuk mengakalinya, carilah cincin dengan bahan yang anda sukai selain tembaga, namun lubang untuk meletakkan batu cincin tetap dilingkari oleh bahan dari tembaga agar cincin dapat tetap menyentuh atau dapat kontak langsung dengan logam berjenis tembaga. Lamanya cara ini digunakan: lebih lama lebih baik.

2. Batu akik direndam dalam air kelapa

Air Kelapa Muda

Batu akik direndam dalam air kelapa.

Batu akik pada masa lalu dipercaya dapat lebih cepat matang jika direndam di dalam air kelapa. Cara mengambil air dari dalam buah kelapa pastinya anda tahu, belah buah kelapa, ambil dengan cara menampung airnya.

Masukkan dalam wadah, misal gelas, untuk merendam batu akik anda agar dapat lebih cepat matang. Air kelapa mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk batu akik.

Lamanya cara ini digunakan: 1-3 hari, tergantung jenis batu akiknya, jika batu akik berjenis ringkih 24 jam, jika batu akik berjenis keras, 3 hari. Durasi jeda: seminggu kemudian, lakukan hal yang sama.

3. Batu akik direndam dalam air dari dalam batang pohon pisang

air batang pohon pisang

Batu akik direndam dalam air dari dalam batang pohon pisang.

Batu akik pada masa lalu juga dipercaya dapat lebih cepat matang jika direndam di dalam air yang terdapat di dalam batang pohon pisang. Cara mengambil air dalam pohon pisang dapat dengan cara menebang atau memotong batang pohon pisang tersebut.

Setelah batang pohon pisang ditebang, maka dari dalam batangnya akan keluar titik-titik cairan. Tampung cairan tersebut dalam sebuah wadah untuk merendam batu akik agar cepat matang.

Atau dengan cara lain, setelah batang pohon pisang ditebang, keruklah pada bekas tebangan itu ditengah batangnya, sehingga menyerupai mangkuk. Agar tak terkena debu atau air hujan, tutuplah diatas bekas potongan batang pohon pisang itu selama 1 hari dengan plastik.

Agar airnya tertampung di dalam cekungan itu, tunggulah sehari. Keesokan harinya bukalah tutupan itu, niscaya akan anda dapati air di dalam cekungan. Lalu ambil airnya atau masukkan langsung batu akik ke dalamnya.

Selain baik untuk merendam batu akik, air dari dalam batang pohon pisang juga baik sekali untuk menyuburkan rambut.

Lamanya cara ini digunakan: 1 hari s/d 4 minggu, tergantung jenis batu akiknya, jika batu akik berjenis ringkih 24 jam, jika batu akik berjenis keras, bsa sebulan. Durasi jeda: batu ringkih seminggu kemudian, lakukan hal yang sama.

4. Batu akik diletakkan diatas pintu yang sering dilalui manusia

atas pintu

Batu akik diletakkan diatas pintu yang sering dilalui manusia.

Cara ini paling unik, karena batu akik pada masa lalu dipercaya dapat lebih cepat matang jika diletakkan diatas pintu yang sering dilalui manusia yang mondar-mandir. Hal ini dipercaya karena manusia memiliki aura yang dapat mempengaruhi mineral di dalam batu akik.

Dengan meletakannya pada tempat yang sering dilalui manusia, maka batu akik dipercaya akan lebih cepat matang oleh aura manusia-manusia yang melewati di dekatnya, misal sebuah pintu, batu akik diletakkan diatas kusen pada pintu itu dengan cara menggantungnya di paku, menggunakan wadah atau kotak atau membungkusnya. Lamanya cara ini digunakan: lebih lama lebih baik.

https://yudiweb.files.wordpress.com/2015/03/1dc6d-batu2bcincin2bada2bkhodam2bpocong.gif?w=250&h=250Itulah beberapa cara tradisional pada masa lalu yang dipercaya oleh buyut, kakek dan ayah kita untuk dapat membuat batu akik mereka lebih cepat matang.

Resep-resep atau trik diatas merupakan cerita-cerita dari pengalaman mereka dan diwariskan secara lisan turun-temurun.

Anda boleh percaya atau tidak, karena semua itu adalah hak anda, namun tak ada salahnya jika dicoba.

Memang cara mereka sangat tradisional. Maklum, pada masa itu belum ada bahan-bahan kimia oplosan seperti pada masa kini yang banyak dikomersilkan dan dapat membuat batu akik cepat matang.

batu-akik kaki ayamLagi pula bahan kimia untuk dapat membuat batu akik menjadi lebih matang pada masa kini, terkadang justru dibuat dengan konsentrat kimia yang keras dan dapat menyebabkan rusaknya batu akik yang anda sayangi.

Namun bagaimanapun juga, ada cara tradisional yang memang tak masuk akal seperti yang telah diuraikan pada artikel diatas. Tapi semua cara untuk dapat membuat batu akik cepat matang itu jauh lebih aman ketimbang anda memakai cairan kimia pada masa kini.

Karena cara-cara diatas itu memakai bahan alam, artinya semuanya bersifat alami atau natural, dan tidak membahayakan kondisi batu akik anda yang mungkin berharga dangat mahal. Selamat mencoba. (©copyrights yudiweb.wordpress.com).

-yudiweb.wordpress.com-

©2015 article copyrights by: yudiweb.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di TIPS & TRICKS dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ini Dia! Cara-Cara Tradisional Membuat Batu Akik Cepat Matang!

  1. Budaxsholeh berkata:

    Trims tip’nya…

    Suka

  2. Infonya bermanfaat. Itu bisa menghilangkan kapur batu bacan juga nggak y?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s