Ini Dia! “Bahia Emerald” Batu Termahal Sejagat Dunia: Rp 5,2 Triliun dan Jadi Rebutan

bahia-emerald-20150125

Sebongkah batu yang ditemukan di Brasil pada tahun 2001 lalu bernama Bahia Emerald, sempat menimbulkan keramaian di dunia. Batu ini kini tengah menjadi rebutan banyak orang baik di Amerika Serikat maupun di Brasil.

Dikutip dari Foxnews.com, pada Kamis 2 April 2015, batu seberat 840 pon setara dengan 381 kilogram ini punya kadar 180.000 karat! Nilai batu Emerald yang sering juga disebut batu Zamrud ini, ditaksir sebesar US$. 400 juta dolar AS atau setara dengan Rp. 5,2 triliun, atau lebih tepatnya sekitar Rp 5.217.200.074.864, namun nilai sebenarnya tidak jelas.

Tak kurang dari delapan orang dan satu negara memperebutkan batu Emerald nan langka ini. Kasus perebutan kepemilikan ini hingga masuk ke Pengadilan Tinggi Los Angeles, Amerika Serikat.

bahia-emerald-1Sebelumnya, batu ini sempat terdaftar pada situs jual beli online eBay dan sempat ditawar US$ 75 juta dolar AS, atau sekitar Rp. 978.225.014.037. Batu yang dianggap lebih berharga dari berlian ini sempat berpindah kepemilikan beberapa kali.

Batu ini pernah tenggelam dalam banjir besar selama beberapa minggu akibat serangan Badai Katrina di New Orleans pada tahun 2005 lalu, selama periode penyimpanan di sebuah gudang di New Orleans.

Kemudian pernah dilaporkan telah dicuri pada bulan September 2008 dari lemari besi yang aman di South El Monte di Los Angeles County, California.

Tetapi kemudian batu ini dikuasai mafia Brasil, diperjualbelikan di bank, disimpan di kotak besi di California dan Las Vegas, diperdagangkan di antara para kriminal, hingga akhirnya tersimpan kembali di Kantor Sherrif di kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Kini pemerintah Brasil mengaku sebagai pemilik syah dari Bahia Emerald. Mereka menganggap batu itu adalah warisan budaya Brasil yang sangat penting. Selain itu, pemerintah Brasil mengatakan batu itu ditambang dan diekspor secara ilegal di Brasil yang kemudian diimpor juga secara ilegal di AS.

bahia-emerald-2Emerald Brasil pada umumnya kurang dikenal di dunia, karena banyak yang tidak murni. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk Bahia.

Ukurannya yang besar dengan sembilan kristal sebesar kaki orang dewasa di dalamnya semakin banyak orang yang menginginkannya. Sepintas mirip seperti batu Krypton yang menjadi kelemahan tokoh ‘Superman‘.

“Bahia adalah milik negara Brasil. Jadi harus dikembalikan tak peduli apa pun yang terjadi setelah meninggalkan AS,” kata pegacara pemerintah Brasil, John Nadolenco.

Ini awalnya ditambang di tambang batu pirus dari barat Bahia, Brasil, dari mana ia mengambil namanya.

Bahia adalah bentuk kuno dari Baia Portugis, yang berarti ‘teluk’ setelah Teluk pertama kali terlihat oleh penjelajah Eropa pada abad ke-16. Setelah pindah dari Brasil ke Amerika Serikat, berbagai upaya dilakukan untuk menjualnya tanpa keberhasilan karena ada pertentangan klaim kepemilikan.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fb/Brazil_State_Bahia.svg/490px-Brazil_State_Bahia.svg.png

Lokasi provinsi Bahia di Brazil.

Akhirnya batu emerald atau zamrud itu disita dari seorang pedagang permata di Las Vegas dan dibawa ke Departemen Sheriff di Los Angeles.

Setelah serangkaian tindakan hukum, Hakim John A. Kronstadt dari Los Angeles County Superior Court mengumumkan pada bulan September 2010 lalu bahwa ia akan menggelar kasus tersebut.

Anthony Thomas, salah satu penggugat, mengaku sebagai kepemilik asli dari permata itu. Penggugat lainnya termasuk Jerry Ferrara, Kit Morrrison dan Todd Armstrong of F&M Holding telah membayar lebih dari US$ 1,3 juta.

Lalu tanggal persidangan ditetapkan pada 21 Januari 2013 lalu di Los Angeles County Court. Pada tanggal 29 Januari 2014, Hakim Kronstadt mengeluarkan putusan menolak klaim Anthony Thomas, dan menetapkan penentuan tuntutan diwaktu lainnya untuk masa yang akan datang. Ini artinya bahwa permata itu masih diperebutkan hingga kini. (Ism, dream.co.id/foxnews/wikipedia)

VIDEO:

(Video 45 menit) National Geographic – $400 Million Dollar Emerald

yudiweb.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita, Yang Wow dan Wah! dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s