Awas! Tanaman Beracun Ini Banyak Dimiliki, Jauhkanlah Dari Anak-Anak!

dieffenbachia-plant

Informasi ini sempat dikira berita hoax, jika hoax kenapa yang menyatakan hoax tak menyicipinya terlebih dahulu? Itulah Indonesia, yang benar dinyatakan salah dan yang salah dirasa benar. Kenapa? Karena mereka tak merisetnya sendiri.

Itulah gunanya riset atau research yang berarti “re” (kembali) dan “search” (mencari) adalah mencari informasi lagi dan lagi dan lagi, hingga dapat dibuktikan atau disimpulkan sebagai berita yang benar, atau pun tidak benar. Begitu lohhh 😀

Silahkan perhatikan tanaman hias ini betul-betul, anda akan langsung menyadari bahwa anda sering melihatnya bukan? Atau mungkin ada di pekarangan rumah anda.

Di Indonesia tanaman ini umum disebut daun bahagia atau bunga bahagia, dumb cane, leopard lily, pisang tanah dan lainnya. Nama ilmiahnya adalah Dieffenbachia amoena.

Dieffenbachia merupakan tanaman hias populer yang biasa ditanam di pekarangan. Keindahannya berasal dari bentuk tajuk dan juga warna daunnya yang bervariasi: hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning.

Untuk para ibu, jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan anak-anak dan keluarga anda! Terutama anak-anak atau balita yang masih suka menggigit-gigit benda terutama yang berumur 1 sampai 3 tahun yang tidak tahu apa-apa, mungkin saja memetik daun pohon hiasan ini dan mengunyahnya jika anda letakkan diruang tamu atau teras depan rumah anda! Maka pindahkan dan letakkan jauh dari jangkauan anak-anak dan balita.

Dieffenbachia

Tumbuhan Beracun

Pohon hiasan ini adalah jenis tumbuhan yang sangat beracun, dapat mengakibatkan kematian sekiranya anak anda menggigit dan menelan daunnya. Ada beberapa website terpercaya yang menyatakan hal ini, namun saya akan memuatnya beberapa saja.

1. Wikipedia

Informasi beracunnya tumbuhan ini juga disebutkan pada wikipedia dalam beberapa bahasa. Seperti jenis Dieffenbachia lainnya, tumbuhan ini getahnya beracun. Berikut pernyataan dari wikipedia:

Dieffenbachia amoena (dumbcane) is a monocot which is commonly cultivated as a houseplant, for its decorative leaves. It is a very popular and hardy shade-loving plant. Its leaves are large, oblong, and cream or light yellow with deep green spots and stripes in bands along the veins and border. Like any other Dieffenbachia its sap is poisonous. (wikipedia)

2. Canadian Poisonous Plants Information System

Begitu juga pada website Canadian Poisonous Plants Information System yang menyatakan bahwa tanaman ini beracun dalam serangkaian uji laboratorim dan hasil risetnya.

Dieffenbachia 2Pada eksperimen menggunakan tikus telah membuktikan toksisitas daun dan jaringan pada batang dari tanaman ini.

Kematian dapat terjadi setelah pemberian 3.0 g ekstrak tanaman pada 10,0 mililiter cairan per 100 gram dari berat badan (Der Marderosian et al. 1976).

Bahkan sudah mendapat referensi dari babarepa ahli dibidangnya seperti Der Marderosian, A. H., Giller, F. B., Roia, F. C. 1976.

Juga dalam buku yang berjudul: “Phytochemical and toxicological screening of household ornamental plants potentially toxic to humans”.  yang disusun oleh J. Toxicol. Environ. Health, 1: 939-953.

Berikut pernyataan dari website Canadian Poisonous Plants Information System:

General poisoning notes:

Giant dumbcane (Dieffenbachia amoena) is an indoor ornamental plant. Experimental work on rodents proved the toxicity of leaf and stem tissue from giant dumbcane.

Death occurred after administration of 3.0 g of plant extract in 10.0 mL of liquid per 100 g of body weight (Der Marderosian et al. 1976).

References:

Der Marderosian, A. H., Giller, F. B., Roia, F. C. 1976. Phytochemical and toxicological screening of household ornamental plants potentially toxic to humans. 1. J. Toxicol. Environ. Health, 1: 939-953.

3. Plant Of The Week

Selain itu pada website plantoftheweek, dinyatakan bahwa tumbuhan ini dapat membuat rasa terbakar pada mulut. Getahnya yang tajam sejauh ini dinyatakkan akan membuat mulut seperti rasakan terbakar dan mati rasa pada tenggorokan bahkan mungkin dapat melumpuhkan pita suara.

Tanaman ini sebaiknya tidak digunakan di sekitar anak-anak kecil yang cenderung meletakkan segala sesuatu di mulut mereka. Berikut pernyataan dari website Plant Of The Week :

Dieffenbachia amoena, or Dumb Cane, is a plant widely used for interiorscapes and houseplants. The name Dumb Cane reflects the fact that the acrid sap will burn the mouth and numb the throat to the extent that it may even paralyze the vocal cords. The plant should not be used around small children who are likely to put things in their mouths.

Mengandung kalsium oksalat 

Dieffenbachia CamillaKandungan racun yang kuat pada tanaman ini mampu membunuh kanak-kanak dalam waktu kurang dari 1 menit.

Sedang pada orang dewasa racunnya dapat menyebabkan kematian kurang dari 15 menit. Bayangkan betapa kuatnya racun yang terdapat pada daun pohon ini.

Jika mengenai mata, racun atau getahnya dapat menyebabkan kebutaan. Penyebabnya adalah banyaknya kristal kalsium oksalat di dalam sitoplasma sel yang disebut rafida dan berbentuk jarum.

Reaksi Racun

Getah daun dan batang Dieffenbachia BERBAHAYA karena dapat menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah serta kerongkongan bila mengenainya.

Reaksi awal racun ketika menggigit daun tanaman ini adalah lidah anda akan membengkak dan dengan segera mengganggu pernafasan anda. Ini akan menyebabkan kematian karena dada anda terasa sesak dan tidak dapat bernafas.

Meskipun setelah beberapa waktu dapat pulih kembali, gejala ini dapat menyebabkan syok, bahkan kematian apabila kejang mengganggu saluran pernapasan. Anak-anak dan hewan peliharaan rentan akan bahaya ini.

Tanaman satu ini sering terdapat di kanor-kantor pemerintahan dan sekolah-sekolah sebagai hiasan kerana daunnya yang terlihat bagus. Tanaman ini berasal dari Kenya , Rwanda dan Uganda.

Tumbuhan ini cocok tumbuh di iklim tropis. Daunnya yang besar dan hijau menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi kaum ibu. Ada laporan yang menyatakan, bahwa racunnya pernah diterapkan untuk menghukum budak pada masa lalu.

Dieffenbachia 3

Pengobatan Kanker

Di Filipina, tanaman ini sedang dipelajari, peneliti telah menemukan bahwa tanaman Dieffenbachia mengandung bahan aktif yang menyebabkan efek antiangiogenic, potensi untuk pengobatan kanker.

Anti Angiogenesis adalah proses yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru dalam tubuh. Antiangiogenesis mengontrol penyebaran sel tumor dalam tubuh dengan menonaktifkan transportasi nutrisi ke sel-sel kanker.

Biasanya, tumor dan kanker dimulai dari satu sel dan membelah untuk membuat sel-sel kanker lainnya. Pertumbuhan sel-sel ganas itu akan tergantung pada ketersediaan nutrisi tertentu yang diangkut oleh pembuluh darah.

Temuan dari studi ini menyatakan bahwa kemampuan Dieffenbachia untuk mencegah pertumbuhan pembuluh darah dan pengembangannya, mungkin dapat digunakan dalam perumusan obat anti-kanker untuk membantu mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh manusia.

Spesies Dieffenbachia Lainnya:

  1. Dieffenbachia aglaonematifolia Engl. – Brazil, Paraguay; Corrientes + Misiones Provinces of Argentina
  2. Dieffenbachia antioquensis Linden ex Rafarin – Colombia
  3. Dieffenbachia aurantiaca Engl – Costa Rica, Panama
  4. Dieffenbachia beachiana Croat & Grayum – Costa Rica, Panama
  5. Dieffenbachia bowmannii Carrière – Colombia, northwestern Brazil
  6. Dieffenbachia brittonii Engl. – Colombia
  7. Dieffenbachia burgeri Croat & Grayum – Costa Rica
  8. Dieffenbachia cannifolia Engl. – Colombia, Ecuador, Peru
  9. Dieffenbachia concinna Croat & Grayum – Costa Rica, Nicaragua
  10. Dieffenbachia copensis Croat – Panama
  11. Dieffenbachia cordata Engl. – Peru
  12. Dieffenbachia costata Klotzsch ex Schott – Colombia, Ecuador, Peru
  13. Dieffenbachia crebripistillata Croat – Panama
  14. Dieffenbachia daguensis Engl. – Colombia, Ecuador
  15. Dieffenbachia davidsei Croat & Grayum – Costa Rica
  16. Dieffenbachia duidae (Steyerm.) G.S.Bunting – Venezuela, Guyana
  17. Dieffenbachia elegans A.M.E.Jonker & Jonker – Bolivia, northwestern Brazil, the Guianas
  18. Dieffenbachia enderi Engl. – Colombia
  19. Dieffenbachia fortunensis Croat – Panama
  20. Dieffenbachia fosteri Croat – Panama
  21. Dieffenbachia fournieri N.E.Br. – Colombia
  22. Dieffenbachia galdamesiae Croat – Panama
  23. Dieffenbachia gracilis Huber – Peru, northwestern Brazil
  24. Dieffenbachia grayumiana Croat – Costa Rica, Panama, Colombia
  25. Dieffenbachia hammelii Croat & Grayum – Costa Rica, Nicaragua
  26. Dieffenbachia herthae Diels – Ecuador
  27. Dieffenbachia horichii Croat & Grayum – Costa Rica
  28. Dieffenbachia humilis Poepp. – Bolivia, Peru, Ecuador, northwestern Brazil, the Guianas
  29. Dieffenbachia imperialis Linden & André – Peru
  30. Dieffenbachia isthmia Croat – Panama
  31. Dieffenbachia killipii Croat – Panama
  32. Dieffenbachia lancifolia Linden & André – Colombia
  33. Dieffenbachia leopoldii W.Bull – Colombia
  34. Dieffenbachia longispatha Engl. & K.Krause – Honduras, Nicaragua, Costa Rica, Panama, Colombia, Venezuela
  35. Dieffenbachia lutheri Croat – Panama
  36. Dieffenbachia macrophylla Poepp. – Peru
  37. Dieffenbachia meleagris L.Linden & Rodigas – Ecuador
  38. Dieffenbachia nitidipetiolata Croat & Grayum – Panama
  39. Dieffenbachia obliqua Poepp. – Peru
  40. Dieffenbachia obscurinervia Croat – Panama
  41. Dieffenbachia oerstedii Schott – southern Mexico (Veracruz, Tabasco, Campeche, Oaxaca, Chiapas), Central America (all 7 countries), Colombia
  42. Dieffenbachia olbia L.Linden & Rodigas – Peru
  43. Dieffenbachia paludicola N.E.Br. ex Gleason – northwestern Brazil, the Guianas, Venezuela
  44. Dieffenbachia panamensis Croat – Panama
  45. Dieffenbachia parlatorei Linden & André – Colombia, Venezuela
  46. Dieffenbachia parvifolia Engl. – northwestern Brazil, Bolivia, Ecuador, Peru, Venezuela
  47. Dieffenbachia pittieri Engl. & K.Krause – Panama
  48. Dieffenbachia seguine (Jacq.) Schott – West Indies, south to Brazil and Bolivia
  49. Dieffenbachia shuttleworthiana Regel – Colombia
  50. Dieffenbachia standleyi Croat – Honduras
  51. Dieffenbachia tonduzii Croat & Grayum – Nicaragua, Costa Rica, Panama, Colombia, Ecuador
  52. Dieffenbachia weberbaueri Engl. – Peru
  53. Dieffenbachia weirii Berk. – Colombia
  54. Dieffenbachia wendlandii Schott – southern Mexico (Querétaro, Veracruz, Oaxaca, Chiapas) south to Panama
  55. Dieffenbachia williamsii Croat – Bolivia
  56. Dieffenbachia wurdackii Croat – Peru

Pranala luar:

yudiweb.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Flora, Fauna dan Dunia Herbal, Info dan Berita. Tandai permalink.

3 Balasan ke Awas! Tanaman Beracun Ini Banyak Dimiliki, Jauhkanlah Dari Anak-Anak!

  1. aankpudin berkata:

    Indah tapi beracun

    Suka

Tinggalkan komentar