Merasakan Lapar Akan Membuat Anda Lebih Sehat

lapar itu sehat hungry is healthy

Meskipun makanan akan terasa lebih enak jika Anda merasa lapar, namun bukan itu saja, lapar ternyata juga memiliki beberapa keuntungan, salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Rasa lapar lebih sering diartikan negatif. Keberadaannya selalu dikaitkan mood yang jelek, badan terasa lemas dan tidak produktif. Namun di mata ahli gizi, bisa merasakan lapar juga menandakan bahwa seseorang dalam kondisi sehat.

Melinda Johnson, seorang pakar diet di Amerika Serikat dalam tulisannya mengatakan bahwa rasa lapar sebenarnya merupakan bagian paling menyenangkan dari pengalaman makan. Contoh sederhananya, makanan terasa lebih enak saat seseorang sedang lapar.

Demikian juga dengan kebiasaan orang Prancis yang jarang sekali mengagendakan sesi ngemil di antara jadwal makan besar. Tujuannya tidak lain untuk menumbuhkan rasa lapar, sehingga nafsu makannya terjaga setibanya di meja makan pada jadwal makan sesungguhnya.

Tiga Keuntungan Merasa Lapar: Rasa Lapar Sesungguhnya Berarti Sehat

Berikut ini beberapa alasan yang mendukung anggapan bahwa rasa lapar sesungguhnya bisa berarti sehat, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

1. Tidak sedang kecanduan makan dan membantu mengontrol berat badan

Beberapa konselor diet untuk menurunkan berat badan sering menggunakan Hunger Scale atau skala rasa lapar.

Konsepnya cukup sederhana, Anda tidak perlu menunggu sampai merasa terlalu lapar ketika harus makan dan harus berhenti sebelum kenyang.

Sebab lapar memang sehat, namun jika berlebihan sampai kelaparan, Anda bisa berlebihan juga dalam mengonsumsi makanan.

Dengan mengacu pada skala tersebut, sesorang dianjurkan untuk makan saat rasa lapar tiba tetapi belum sampai kelaparan dan berhenti saat mulai kenyang tetapi belum kekenyangan.

Jika seseorang tidak pernah sekalipun merasakan lapar meski cuma sedikit, itu artinya mengalami over eating atau makan berlebihan. Bisa juga kecanduan makan.

2. Terhindar dari perilaku pilih-pilih makanan

Salah satu tugas berat orang tua adalah memberi asupan nutrisi yang cukup pada anak melalui makanannya. Jika anak lapar, mereka akan menganggap semua makanan terasa lebih enak.

Tentu saja, orang tua tetap harus memantau camilan yang dinikmati anak agar mereka tidak merasa kenyang terlebih dahulu sebelum jadwal makan malam tiba.

Pada anak-anak, sedikit rasa lapar juga penting untuk membentuk pola makan yang sehat. Anak-anak mudah sekali terjebak pada perilaku pilih-pilih makanan atau picky eating.

Jika anak-anak tersebut datang ke meja makan dalam kondisi sedang merasa lapar, maka kemungkinan untuk pilih-pilih akan lebih kecil.

3. Memberi tambahan rasa nikmat pada makanan

Coba ingat-ingat terakhir kali mendengarkan pidato yang bagus. Tentu bukan hanya kata-katanya yang bagus, tetapi cara menyampaikannya yang tidak datar begitu saja. Ada jeda pada titik tertentu, kemudian diikuti dengan penekanan-penekanan.

Begitu juga untuk urusan makan. Agar terasa sensasinya, butuh ada rasa lapar lalu disusul dengan kenyang meski tetap harus dikontrol juga agar tidak berlebihan.

Hal ini berlaku pula ketika Anda mengunyah makanan pelan-pelan. Jeda antara mengunyah tersebut membuat Anda lebih menikmati makanan karena Anda bisa merasakan lapar yang sebenarnya. Secara tidak langsung, Anda mampu mengontrol berat badan dengan cara makan pelan-pelan.

Itulah beberapa keuntungan merasa lapar. Namun ingat, jangan sampai mengabaikan rasa lapar ini, sebab Anda bisa terkena maag atau gangguan pencernaan lainnya. (Huffingtonpost).

Pustaka: Hungry is Healty

yudiweb.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di Info dan Berita dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s