[Tips & Tricks] Buat Sendiri: Cara Menguatkan Sinyal Wi-Fi Router

Pernah lihatkah Anda, ketika ada seorang yang kreatif membuat antena dari kaleng Springles yang di dalam tabung dengan lapisan aluminium hingga cocok untuk menambah jarak jangkauan wireless pada arah tertentu?

Sekarang banyak banyak “Geek” membuat beberapa tips untuk meningkatkan jarak wireless Wi-Fi Router di internet. Mereka saling membagi pengalamannya itu, dari cara sederhana membuat antena Wi-Fi, sampai yang serius menyamai kekuatan antenanya mirip buatan pabrik.

Yang perlu diketahui dari tipe antena WIFI.

  • Antena Wi-Fi Router adalah Omnidirectional atau membuat pancaran signal melingkar ke segala arah. Bentuknya satu tiang antena vertikal saja.
  • Sedangkan perubahan jarak antena ke satu arah mengunakan antena Directional Wifi (mengarah ke satu arah). Dibuat dengan reflector untuk memantulkan signal menjadi lebih kuat.
  • Untuk memperkuat signal Wi-Fi Router dapat ditingkatkan menjadi Yagi Beam / Gain Antenna atau antena parabola untuk memperkuat dan menerima signal lebih besar, dengan mengunakan kekuatan dB.

Yang perlu diketahui dengan signal WIFI dengan antena

  • Signal Wi-Fi Router biasanya mengunakan frekuensi 2,4 Ghz, antena Wi-Fi Router umumnya berukuran kecil dengan jarak jangkauan pendek
  • Signal Wi-Fi Router dapat diarahkan ke segala arah seperti antena Omnidirectional. Ketika antena wi-fi dirubah dengan reflector seperti ditaruh plat aluminium pada belakang antena, praktis bagian belakang akan menurunkan kekuatan signal wi-fi. Sedangkan arah yang diarahkan oleh reflector akan semakin besar. Jarak signal wi-fi ke satu arah akan lebih jauh diterima oleh perangkat lain.
  • Ketika antena wi-fi diganti dengan antena luar, seperti tipe Yagi, maka jarak yang diarahkan antara 30 derajat ke satu titik antena wi-fi lain.

Cara kerja frekuensi dan antena WIFI

  • Signal atau frekuensi wi-fi mengunakan frekuensi tinggi di 2.4 Ghz. Sangat rentan terhadap halangan, dan signal akan memantul.
  • Penempatan antena wi-fi harus berada di tempat terbuka. Tidak di pojok ruangan yang terhalang tembok.
  • Jenis antena tegak vertikal berbentuk tiang harus berdiri mengarah ke atas agar semua area horizontal dari titik antena akan mendapatkan signal.
  • Tempatkan antena di tempat lebih luas, berada ditengah, atau tidak terhalang akan meningkatkan jangkauan signal wi-fi.
  • Signal wi-fi yang diterima perangkat dapat berubah sesuai kecepatan. Contoh jarak 1 meter akan mendapatkan kecepatan lebih tinggi, semakin jauh jaraknya maka signal yang dikirim antara kedua perangkat akan melemah atau menurun drastis.

Dibawah ini adalah beberapa cara praktis membuat antena Wi-Fi sendiri agar lebih kuat signalnya

Perlu diingat: Bahwa modifikasi antena Wi-Fi router yang tadinya adalah antena Omnidirectional atau membuat pancaran signal melingkar ke segala arah, menjadi Semi -Directional Wifi atau ada yang mengarah ke suatu arah dengan pancaran signal yang lebih kuat.

Inilah beberapa disain cara memperkuat signal Wi-Fi Router dari tangan-tangan yang suka otak-atik, dan tentunya didukung oleh otak-otak yang kreatif:

1. Memperkuat signal Wi-Fi Router dengan Dua Antena dari Kawat Tembaga

Disain dibawah ini dengan clip jepitan buku, untuk memperkuat signal Wi-Fi Router dengan dua antena tembaga.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Klip penjepit
  2. Kawat tembaga

Tembaga yang digunakan bisa mengunakan kabel listrik yang agak tebal, yang dijual di toko alat listrik dan lampu.

Potong dua buah kawat tembaga dengan panjang sekitar 2 – 3 cm. Tegakkan sejajar, masing-masing di kanan dan kiri antena Wi-Fi Router dengan jarak sekitar 1-2 cm, dan satu lagi dengan jarak 2-3 cm dengan menggunakan jepitan buku atau sejenisnya.

Lalu, letakkan Wi-Fi Router di tempat yang tinggi.

Sejajar dengan kawat tembaga yang jaraknya lebih jauh (2-3 cm), adalah tempat terbaik dimana gadget dan komputer PC Anda berada. Tampak pada foto tempat terbaik dimana gadget dan komputer PC berada adalah disebelah kiri, karena signal Wi-Fi dikuatkan ke arah kiri pada foto.

Jika arah penguatan signal Wi-Fi Router tak sesuai, geser antena hasil karya anda itu ke tempat yang sesuai dengan selera Anda.

Lihat foto:

memperkuat signal-wifi-router-dengan 2 antena tembaga

Memperkuat signal Wi-Fi Router dengan Dua Antena dari Kawat Tembaga.

2. Memperkuat Signal Wi-Fi Router dengan Lempengan Aluminium

Untuk reflektor antena Wi-Fi router dapat juga dibuat sendiri dengan menggunakan aluminium foil dan sedikit kardus.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Aluminium foil
  2. Kertas tebal atau kardus
  3. Lem kertas / aica aibon

Potong kardus dengan lebar sekitar 10-15 cm x 5-10 cm, atau boleh juga lebih besar. Lalu, rekatkan aluminium foil diatasnya dengan lem. Kemudian tekuk kardus hingga melengkung.

Buatlah penguat dari kardus agar tetap melengkung dengan membuat seperti corong yang dipotong melengkung dengan lubang ditengahnya mengarah ke atas yang berguna untuk memasukkan antena wi-fi Router  (lihat gambar dibawah).

Lalu, letakkan Wi-Fi Router di tempat yang tinggi.

Sejajar dengan bidang kardus yang melengkung, adalah tempat terbaik dimana gadget dan komputer PC Anda berada. Tampak pada foto tempat terbaik dimana gadget dan komputer PC berada adalah tempat dimana sang fotogafer berada, karena signal Wi-Fi dikuatkan ke arah sang fotogafer berada.

Lebarnya area penguatan tergantung pada kardus yang melengkung. Jika kardus di setting sedikit melengkung, maka akan mempengaruhi kepada area lebih luas.  Jika kardus di setting lebih melengkung, maka akan mempengaruhi kepada area lebih sempit, namun jaraknya akan lebih jauh.

Jika arah penguatan signal Wi-Fi Router tak sesuai, geser antena hasil karya anda itu ke tempat yang sesuai dengan selera Anda.

Lihat foto:

memperkuat signal-wifi-router-dengan lempengan aluminium

3. Memperkuat Signal Wi-Fi Router dengan Kawat Kasa atau Saringan

Anda juga bisa membuat penguat signal Wi-Fi Router dengan mengunakan lempengan kawat kecil (kawat kasa) atau dengan saringan kawat sebagai alat dapur, hehehehe…

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Kawat Kasa (atau saringan kawat)
  2. Kawat Tebal

Caranya? Buatlah dengan kawat tebal berbentuk lingkaran dengan diameter 20 cm atau jari-jari 10 cm. Letakkan kawat kasa diatas lingkaran, lalu dorong tengahnya ke arah bawah agar berbentuk seperti cekungan parabola. Kemudian, potong kawat kasa sesuai ukuran lingkaran itu, lalu rapihkan pinggirannya.

Cara kedua adalah dengan menggunakan saringan kawat sebagai alat dapur. Dengan menggunakan saringan ini akan jauh lebih mudah karena sudah berbentuk cekungan parabola. Lepas gagang saringan dan pasangkan langsung diatas antena Wi-Fi Router anda. Letakkan Wi-Fi Router di tempat yang tinggi.

Tempat terbaik dimana gadget dan komputer PC Anda berada adalah disisi dimana cekungan parabola mengarah.

Jika arah penguatan signal Wi-Fi Router tak sesuai, geser antena hasil karya anda itu ke tempat yang sesuai dengan selera Anda.

Lihat foto:

memperkuat signal-wifi-router-dengan saringan kawat kasa

Memperkuat Signal Wi-Fi Router dengan Kawat Kasa atau Saringan.

4. Memperkuat Signal Wi-Fi Router dengan Lempengan Aluminium dan Kawat

Anda juga bisa membuat penguat signal Wi-Fi Router dengan mengunakan lempengan aluminium yang sederhana dengan kawat.

Yang satu ini membuat antena Wi-Fi sendiri lebih mudah. Bisa mengunakan plat aluminium yang dijual di toko bangunan atau mencari potongan dari aluminium foil.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Plat aluminium (atau bekas minuman kaleng, atau aluminium foil, dengan cara seperti poin 2 diatas)
  2. Kawat (boleh kawat biasa atau kawat tembaga)

Potong aluminium dengan lebar sekitar 10-15 cm x 5-10 cm, atau boleh juga lebih besar. Lubangi plat aluminium itu sesuai dengan panjang atau tinggi antena Wi-Fi Router yang Anda punya. Lalu, tekuk aluminium hingga melengkung.

Kemudian buatlah dua buah ring dari aluminium yang ukurannya lebih besar dari antena Wi-Fi Router Anda yang berguna untuk dudukan antena yang Anda buat.

Potong beberapa kawat tembaga dan masukkan menembus lubang plat aluminium, lalu ikat melingkar di ring aluminium sebagai dudukan antena Wi-Fi Router.

Lakukan lagi untuk kawat-kawat lainnya, hingga dudukan antena aluminium ini menjadi stabil jika dimasukkan ke antena Wi-Fi Router Anda. (lihat gambar dibawah).

Lalu, letakkan Wi-Fi Router di tempat yang tinggi.

Sejajar dengan bidang aluminium yang melengkung, adalah tempat terbaik dimana gadget dan komputer PC Anda berada. Tampak pada foto tempat terbaik dimana gadget dan komputer PC berada, adalah tempat dimana sang fotogafer berada, karena signal Wi-Fi dikuatkan ke arah sang fotogafer berada.

Lebarnya area penguatan tergantung pada kardus yang melengkung. Jika kardus di setting sedikit melengkung, maka akan mempengaruhi kepada area lebih luas.  Jika kardus di setting lebih melengkung, maka akan mempengaruhi kepada area lebih sempit, namun jaraknya akan lebih jauh.

Jika arah penguatan signal Wi-Fi Router tak sesuai, geser antena hasil karya anda itu ke tempat yang sesuai dengan selera Anda.

Lihat foto:

memperkuat signal-wifi-router-dengan lempengan aluminium dan kawat

Memperkuat Signal Wi-Fi Router dengan Lempengan Aluminium dan Kawat.

Jenis penguat Wi-Fi yang satu ini dapat pula dibuat lebih rapi, bahkan juga bisa dibuat dari bekas kaleng minuman ringan.

memperkuat signal-wifi-router-dengan lempengan aluminium 2

Jenis penguat Wi-Fi yang satu ini dapat pula dibuat lebih rapi.

memperkuat signal-wifi-router-dengan lempengan soft drink 3

Jenis penguat Wi-Fi juga bisa dibuat dari bekas kaleng minuman ringan.

 Ketentuan dan Kondisi:

  • Disain antena diatas diperuntukan untuk menambah jarak pancar signal Wi-Fi Router agar lebih terarah dan lebih jauh.
  • Disain diatas hanya dapat dipasang di dalam ruangan.
  • Disain antena Wi-Fi diatas dapat meningkatkan jarak signal Wi-Fi Router di rumah Anda agar dapat berbagi jaringan internet dengan tetangga.

Semoga artikel ini berguna. Selamat mencoba dan selamat berkarya. Jika berhasil, bagikan artikel ini kepada kerabat Anda.

Wassalam🙂

KLIK DISINI UNTUK PULUHAN TIPS AND TRICKS LAINNYA

yudiweb.wordpress.com

Pos ini dipublikasikan di TIPS & TRICKS dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke [Tips & Tricks] Buat Sendiri: Cara Menguatkan Sinyal Wi-Fi Router

  1. wifi berkata:

    apakah itu berpengaruh besar ke dalam signal?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s