[TIPS & TRICKS] Bohlam LED Mati? Jangan Dibuang! Coba Dulu Cara Ini

Kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai bohlam LED yang biasa dipakai untuk penerangan di rumah-rumah. LED adalah kepanjangan dari Light Emitting Diode, dan bukan kawat filament seperti bohlam biasa atau lampu lainnya. ]

Nyala dari LED adalah “loncatan” atau pijaran partikel antara kutub anoda dan katoda dalam arus listrik tertentu yang sangat rendah. Jika terjadi lonjakan listrik diatas tegangan atau kuat arus yang dianjurkan, maka lampu LED akan mati dan arus yang mengalirinya juga akan terputus dan akhirnya tak bisa digunakan lagi.

a9b63-ledseri

Sama seperti lampu bohlam LED, pemasangan rangkaian di dalamnya adalah “Serial” atau “Seri” atau berderet.

Karena bukan kawat pijar, biasanya bohlam tipe LED ini lumayan bertahan lama dibanding lampu bohlam biasa, bahkan umurnya bisa diatas 10 tahun, namun jika yang berkualitas rendah pasti mudah mati dalam hitungan minggu.

Jika bohlam LED mati jangan dibuang! Karena biasanya tidak semua lampu LED di bohlam itu juga mati. Coba dulu cara dibawah ini untuk dapat menghidupkannya kembali. Tanpa basa-basi, langsung saja kita kerjakan.

1. Bagian Dalam Bohlam LED:

Bagian dalam sebuah Bohlam LED terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  1. Badan lampu, yang terbuat dari plastik.
  2. Sirkuit, yang mengubah arus dari AC menjadi arus DC.
  3. Lampu mikro LED, yang jumlahnya berbeda di setiap Bohlam, tergantung merk dan besarnya watt.

Cara lampu bohlam LED mati menjadi menyala 03

2. Perlengkapan yang harus disiapkan:

  1. Solder
  2. Timah
  3. Kabel Kecil ukuran -/+ 2cm
  4. Pisau kecil atau obeng
  5. Multi-tester (jika ada)

3. PENGERJAAN:

Mari kita mulai membuat lampu Bohlam LED yang telah mati kembali menyala! Berikut caranya:

1. Bongkar bohlam LED

Bongkarlah bohlam LED dengan cara dicungkil dengan pisau kecil atau obeng diantara body dan penutup lampunya.

Cara lampu bohlam LED mati menjadi menyala 02

2. Cek satu persatu lampu LED-nya

Setelah terbuka terlihat ada lampu-lampu LED kecil didalamnya. Nah, cek dan perhatikan lampu-lampu LED kecil tersebut. Biasanya jika ada yang mati maka terlihat ada titik kecil ditengahnya. Jika tak terlihat, cek dengan menggunakan multitester pada setiap kaki-kaki LED-nya.

Cara lampu bohlam LED mati menjadi menyala 04

3. Solder “by-pass” dengan kabel di kedua terminal kaki LED yang mati

Untuk mengakalinya kita hanya menyolder dengan cara “by-pass” atau men-jumper LED yang telah mati tadi dengan menggunakan sebuah kabel kecil.

Caranya: potong sebuah kabel, solder dengan cara menyambung kedua kaki LED yang telah mati itu. Solder dan sambunglah kedua ujung kabel yang telah disiapkan ke kutub positif (+) dan negatif (-)  nya dengan timah.

Cara itu dimaksudkan untuk menyambung arus yang terputus dari LED yang mati tadi. Jadi pada dasarnya skema lampu bohlam LED ini hanya “Skema LED Seri”, itu artinya jika salah satu lampu LED mati, maka otomatis lampu LED yang lain juga mati karena tidak ada aliran listrik atau tak mendapat arus listrik.

Cara lampu bohlam LED mati menjadi menyala 05

4. Test kembali lampu bohlam LED

Setelah kebel tersambung dengan baik di kedua kaki LED yang telah mati, tahap berikutnya adalah pengetesan…. dan hasilnya nyala..

Namun bisa jadi nyalanya kembali bohlam LED tidak semuanya menyala. Dalam gambar terlihat ada satu lagi lampu LED yang tidak menyala, itu artinya bahwa lampu LED tersebut berada satu jalur dengan lampu LED yang putus,  jadi lampu LED itu juga akan tetap mati, no problem.

Cara lampu bohlam LED mati menjadi menyala 06

5. Pasang dan tutup kembali body lampu bohlam LED-nya

Terakhir, pasang dan tutup kembali lampu Bohlam LED ini seperti semula. Abrakadabra! Lumayan, lampu bohlam LED yang tadinya mati dan tak berguna, kini bisa menyala kembali. Misi telah selesai.

Cara lampu bohlam LED mati menjadi menyala 07

Karena biasanya sebuah rangkaian lampu LED sudah dihitung kapasitasnya, maka jika salah satu lampu LED mati biasanya arus yang mengalirinya akan bertambah dan umur lampu tidak sepanjang yang seharusnya.

Namun jangan khawatir karena semua ini sangatlah aman, lampu LED tak akan meledak atau korsleting, jika arus yang mengalirinya diatas biasanya maka LED cuma akan mati saja. Selain itu, lampu LED memiliki tegangan yang sangat rendah, dibawah 4 volt.

Jika berhasil, paling tidak lampu bohlam  LED yang telah anda akali ini tetap bisa menjadi cadangan di rumah jika ada salah-satu lampu di rumah tiba-tiba mendadak putus atau matot alias mati total.

Jika cara ini tidak berhasil, ada kemungkinan yang mati adalah bagian sirkuit yang megubah arus dari tegangan AC ke tegangan DC. Makanya, sebelum berprakarya jangan lupa berdo’a dulu yaaa… kwak. Selamat Mencoba… awas kesetrum…

Semua artikel dalam web blog ini boleh digandakan dan disebarluaskan, gratis🙂

(copyrights 2015 by: YudiWeb.wordpress.com)

= YudiWeb.wordpress.com =

Pos ini dipublikasikan di TIPS & TRICKS. Tandai permalink.

3 Balasan ke [TIPS & TRICKS] Bohlam LED Mati? Jangan Dibuang! Coba Dulu Cara Ini

  1. Ayah Rafa berkata:

    Tip nya sangat bermanfaat om
    Langsung saya praktekin…
    Tadi ada satu led yg ada titik hitam langsung saya bypas begitu dipasang nyala tapi langsung mati ,kemudian saya buka lagi yg mati jadi 3 led , saya pikir kalo saya bypas ke 3 nya bakalan kegedean arus dan mati semua jadi salah satu led saya pasang resistor dan lampu menyala
    Terima kasih atas tip nya om …

    Suka

  2. Ario y berkata:

    Trimaksh infonya semoga barokah dan membuat anda semakin sukses lagi.amin ya robb

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s