Gila! Buah Ciplukan Ternyata Harganya Rp 500 Ribu/kg

Pada masa lalu sekitar tahun 70-an, buah Cipluk’an atau Cecenet bagi anak-anak yang lahir di desa-desa merupakan buah alami yang bisa didapatkan dengan gratis tanpa membayar.

Buah ini pada masa lalu banyak terdapat di sawah-sawah terutama ketika panen padi telah selesai karena tumbuhan liar ini biasanya akan dibiarkan dapat tumbuh setelah panen padi selesai.

Bahkan di kota besar seperti Jakarta hingga pada masa tahun 80-an, buah Ciplukan masih bisa ditemukan pada semak-semak, tanah kosong atau terbuka di berbagai tempat.

Itu artinya, buah yang masuk dalam genus Physalis dalam keluarga Solanaceae dengan nama latin Physalis heterophylla atau dalam bahasa Inggrinya clammy groundcherry ini bisa didapatkan secara gratis di berbagai tempat, terutama di kebun warga atau di area persawahan.

Pohon Ciplukan (Cecenet) yang sudah sangat langka di kota besar, masih bisa dijumpai ditengah kota Jakarta dan ditanam dalam pot.

Pohon Ciplukan (Cecenet) yang sudah sangat langka dan menjadi pohon spesial di kota besar, masih bisa dijumpai di tengah kota Jakarta dan ditanam dalam pot.

Namun siapa sangka dan siapa pula mengira, buah kecil ini sekarang memiliki nilai jual yang tinggi dan kini dijual pada sebuah supermarket.

Meski tidak ada keterangan di supermarket mana ciplukan itu dijual. Jelas dalam wadah tertulis dengan bahasa Indonesia dan dijual dengan harga Rp 30.957 per bungkus dengan berat hanya 60 gram per bungkusnya.

Sedangkan pada bandrolnya terlihat harga per kilogram sebesar Rp.515.950. Foto buah ciplukan dengan bandrol harga yang mahal tersebut pertama kali diunggah oleh akun IndoPetani@twitter pada tanggal 12 November 2015 lalu.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa buah ciplukan dalam kemasan dalam foto tersebut bukan dari Indonesia, melainkan diimpor. Waduh!

ciplukan-harganya-rp500-ribu per kg 2

Sedangkan di daerah Amerika Utara, tumbuhan ini ditemukan terutama di habitat seperti padang rumput kering, bukit kerikil, tanah berpasir atau berbatu, dan tempat-tempat sampah seperti pinggir jalan.

Setiap anggota dari genus Physalis memiliki setidaknya empat subspesies yang berbeda, terutama didasarkan pada variasi daun:

  • P. heterophylla var. heterophylla, dengan daun yang tipis yang pinggir daunnya tak memiliki geligi
  • P. heterophylla var. clavipes, dengan daun yang tebal, urat daun yang mencolok dan sedikit tonjolan bergerigi besar dikedua daunnya.
  • P. heterophylla var. ambigua, dengan daun yang tebal, urat daun yang mencolok dan seluruh pinggir daunnya bergerigi.
  • P. heterophylla var. nycangienea, dengan daun yang tipis, memiliki sedikit tonjolan dan bergerigi pada seluruh pinggir daunnya.
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/90/Physalis_heterophylla_Clammy_Ground_Cherry_fruit_and_leaves.jpg/320px-Physalis_heterophylla_Clammy_Ground_Cherry_fruit_and_leaves.jpg

Jenis tumbuhan ciplukan di Amerika Utara

Bunga pada tumbuhan ini bertunas di pangkal daun, berwarna putih dengan lima kelopak bunga, dan kepala serbuk sarinya berwarna kuning.

Lima kelopak bunga itu kemudian membesar dan menunduk ke arah bawah, lalu menyatu dan membungkus atau melindungi buah yang ada di dalamnya.

Ukuran buah ciplukan awalnya kecil dan berwarna hijau kemudian ketika matang membesar dan berwarna kuning kehijauan.

Rasa buah Ciplukan ini memang unik, agak kecut kadang pahit dengan rasa seperti tomat, namun memiliki rasa kecut-manis yang khas, dan  jika belum matang rasanya pahit.

pohon ciplukan di jakarta

pohon ciplukan di jakarta

Tumbuhan buah ini tak begitu tinggi, hanya sekitar 50 cm sampai satu meter saja, dan umurnya pun tak panjang alias tak lebih dari satu sampai dua tahun.

Apakah karena umurnya pendek dan sudah langka, maka tumbuhan ini dijual denga harga yang mahal?

Ataukah ada khasiat yang tersembunyi di dalamnya? Atau hanya sebagai “nostalgia” saja maka buah langka ini dijual di supermarket?

Wah kalu masalah itu gak tau deh, karena semua alasan itu belum pasti adanya.

Namun yang jelas memang buah Ciplukan sudah semakin jarang ditemui, bahkan sangat sulit sekali di dapat, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta. Mungkin alasan ini yang paling masuk akal.

= YudiWeb.wordpress.com =

Pos ini dipublikasikan di Flora, Fauna dan Dunia Herbal, Yang Wow dan Wah!. Tandai permalink.

5 Balasan ke Gila! Buah Ciplukan Ternyata Harganya Rp 500 Ribu/kg

  1. Muhammad Rafli berkata:

    Hahahaha udah tau itu buahnya harganya 30ribu segitu. klo sekilo 500ribu ya pantes lah orang sekilo juga dapet banyak banget bisa sebaskom orang tuh buah enggak berat

    Suka

  2. Lala berkata:

    Ditempaku dibuang karna sangat mengganggu tumbuhan lainnya,dan gampang bngt tumbuhnya,klu mau beli silahkan hubungi saya 085741422949

    Suka

  3. Iyaa aku masih temukan siih waktu kecil bua ciplukan nya. Sekarang tetangga juga ada yg menanam .. yernyata memang tetangga lulusan sarjana pertanian mungkin dia udah tahu akan jadi mahal kali yaaa..
    Oh ya biah ciplukan khasiatnya apa ya ? Ada yang tau ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s