Manual Atau Download Aplikasi: Cara Mengetahui Foto Asli Atau Editan

jpegsnoop-2

Langsung saja. Ada dua cara untuk membuktikan dan mengetahui… sebuah foto hasil dari editan, atau memang foto asli, yaitu tanpa aplikasi (software) yang di download dan dengan menggunakan aplikasi (software) yang akan Anda download kemudian.

Pertama yang kita bahas adalah tanpa menggunakan software tambahan pada perangkat PC Anda, kita hanya menggunakan Notepad untuk menguji foto tersebut foto editan atau foto asli, untuk selengkapnya silahkan baca cara berikut :

Trik cara mengetahui foto edit-an dan foto asli dengan software Notepad

  • Untuk cara yang pertama ini silahkan kalian buka Noetpad dengan cara tekan CTRL+R dan tulis Notepad lalu enter.
  • Setelah Notepat terbuka silahkan kalian beralih ke Window eksplorer, pilih foto mana yang akan kalian di uji.
  • Setelah kalian menentukan foto yang akan kalian uji, silahkan drag atau seret foto tersebut kedalam Notepad ( tahan klik sampai ke lembar kerja Notepad lalu silahkan kalian lepas klik tersebut).
  • Maka akan ada data seperti berikut ini:
  • Tekan CTRL+F
  • Lalu kalian ketikan Photoshop atau misalnya aplikasi lain seperti Corel, paintshop atau Software pengolah foto lainya.
  • Lalu silahkan kalian tekan enter.
  • Jika foto tersebut asli maka akan ada keterangan seperti ini:
  • Dan jika foto tersebut foto editan maka akan muncul keterangan seperti ini:
  • Selesai itu adalah kesimpulanya.

Adapun cara mengetahui mana foto editan dan mana yang merupakan foto asli dengan cara melalui sebuah software, nama software tersebut adalah JPEGsnoop.

Tenang saja… software tersebut bukan merupakan file raksasa, karna software tersebut hanya berukuran 1,4MB saja, untuk lebih tahu cara menggunakanya silahkan baca cara berikut ini:

Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli dengan aplikasi JPEGsnoop

  • Untuk langkah yang pertama silahkan kalian download software JPEGsnoop disini | Download.
  • Setelah kalian download silahkan buka folder file tersebut, karena software tersebut masih berformat RAR, kalian harus meng-Ekstraknya terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada file tersebut lalu pilih Extract here.. maka Software tersebut tidak lagi berbentuk RAR.
  • Buka Software JPEGsnoop maka akan ada tampilan seperti berikut ini:

Uji coba :

  • Inilah keterangan ketika saya menggunakan foto yang jelas-jelas editan saya sendiri dan saya memakai Adobe photoshop CS 6, berikut keteranganya:
  • Inilah keterangan ketika saya coba menggunakan foto yang di ambil dengan menggunakan camera DIGITAL, dan foto ini tanpa sedikitpun tersentuh proses edit, berikut keteranganya:

Penjelasan :

1. Class 1 – Image is processed/edited:

Keterangan ini menunjukan kalau foto tersebut merupakan  foto yang telah diedit, untuk melihat software apa yang digunakan untuk mengedit foto tersebut kalian bisa lihat di bagian “Searching Compression Signatures”, seperti berikut:

Yaa.. dalam data tersebut terlihat bahwa software yang digunakan adalah software Adobe Photoshop CS 6. Namun sering kali dibawah keterangan “Class 1 – Image is processed/edited ” terdapat notifikasi sebagai berikut:

Keterangan tersebut menunjukan kalau sistem tidak bisa membaca/mengenali jenis software yang digunakan, mungkin itu sejenis software baru atau software yang masih asing.

2. Class 2 – Image has high probability of being processed/edited :

Keterangan ini menunjukan kalau foto tersebut kemungkinan besar parnah melalui proses editing, sistem sedikit meragukan kepastianya mungkin karena saat proses upload atau proses download foto tersebut tidak mempunyai data-data yang cukup lengkap.

3. Class 3 – Image has high probability of being original :

Keterangan ini menunjukan kebalikan dari Class 2, dalam Class 3 ini menunjukan kalau foto tersebut kemungkinan besar adalah foto asli, Class 3 ini juga sistem sedikit meragukan kepastianya mungkin karena saat proses upload atau proses download foto tersebut tidak mempunyai data-data yang cukup lengkap.

4. Class 4 – Uncertain if processed or original :

Keterangan ini menunjukan kalau foto tersebut merupakan foto yang ORIGINAL/ASLI, tidak ada sedikitpun proses editing yang pernah dialami foto tersebut.

Mungkin jenis software yang digunakan dalam proses editing kerap sulit terbaca ketika kita mengambil foto dari web atau jejaring sosial, mungkin karena dari proses upload atau download yang tidak valid.


YudiWeb.wordpress.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di TIPS & TRICKS dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s